pansos?!?

Aku udah sering dengar kata pansos (panjat sosial), tapi engga nyangka bakal ada yang nyematin itu kata (oke, kayaknya frase lebih tepat) ke aku. Sejauh ini aku berusaha ramah sama orang-orang, lebih lagi adik tingkat, simply karena aku merasa perlu untuk jadi ramah (as in they deserve to see me in my joyful mode, toh kita ga lagi berantem…). Jadi ya, i did what i can, kayak nyapa duluan, senyum, berusaha hafal namanya. Aku mau teman-teman angkatan di bawahku ngerasain gimana rasanya beneran punya kakak di jurusan. Eh, tapi ternyata sikapku yang kayak gitu dilihat sebagai usaha pansos…

Emang pansos itu apa?

Hm, sederhananya pansos itu usaha untuk naikin level sosial (udah cukup simpel ga, sih?). Caranya banyak. Temenan sama orang yang kehitung femes, cari sensasi (bisa dengan bikin masalah atau for doing something great), pokoknya gimana caranya biar perhatian bisa tertuju ke orang itu dan yah, levelnya dia socially bisa terangkat.

Kenapa sama pansos?

Exactly the question i would like to ask ke orang-orang yang labelin orang lain sebagai ‘pAnSoS’ dan bikin frase panjat sosial kayak hina banget. Maksudku gini lho, bukannya semua orang berhak jadi diri mereka sendiri dan have fun?

Seingatku, dulu jadi ramah dan kenal sama banyak orang adalah privilege, soalnya butuh proses biar bisa gitu (i know the struggle!). Seingatku, dulu suka bikin masalah dan akhirnya namanya dikenal sebutannya ya, nakal, bukan pansos. Seingatku lagi ya, dulu itu kalau nama kita naik karena menang lomba, terus kita enjoy the attention, itu namanya ya, nikmati buah perjuangan, bukan pansos.

Aku kira sama kayak gimana bucin jadi terdistorsi gitu maknanya, pansos juga gitu deh…

Temenan sama banyak kating itu bukan pansos, tapi artinya itu orang anaknya asik, atau katingnya ya, emang mau temenan sama itu anak aja, sesimpel itu. Bukannya dia lagi usaha naikin derajat sosial atau gimana… Lagian siapa sih, yang seneng ditemenin cuma buat embel-embel bisa naikin status sosial?

Lagian lagi, ada apa dengan status sosial tiap-tiap kita? Kalo kamu langganan remedial, kalo kamu temennya dikit, ga artinya kamu ga berharga, kan? Kalo kamu nilainya bagus terus, kalo kamu temennya di mana-mana ada, ga artinya kamu jauh lebih berharga dari yang lainnya juga, kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s