yaudah sih.

Hai. Lama banget ya, aku ga posting apa-apa. Kebiasaan menunda-nundaku (khusus untuk nulis) kembali. Dan tidak bisa dipungkiri, walaupun aku punya banyak waktu luang, aku juga sibuk(?). Intinya aku ga posting berminggu-minggu terakhir, huhu.

Aku sebenarnya beberapa kali buat draft, tentang begitu banyak hal. Tapi pada akhirnya cuma kesimpan dan ga aku lanjut. Ini aja mulai dari nol lagi, hehe.

Ada banyak hal yang terjadi akhir-akhir ini. Dari yang depressing (at least for me) sampai yang bikin aku kayak, ‘he…? apaan ini?’ in a good way.

Pertama, mata kuliah Bahasa Perancis hilang dari KRS-ku, yang artinya aku jadi kayak ga ambil itu mata kuliah dan total sks-ku semester ini cuma 20. Gila, aku gatau emosi macam apa yang bisa gambarin perasaan aku waktu dibilang bapak bagian TU kalau udah ga bisa diubah lagi. Kecewa iya, kesel juga, sedih, mau marah tapi engga ada yang bisa jadi pelampiasan marahku. Aku udah rancang seluruh mata kuliahku dari semester dua, sejak dapat buku panduan akademik. Aku udah cukup sedih karena ternyata Mandarin ga ada lagi (soalnya dosennya ga bisa ngajar dulu) yang bikin aku beralih ke Perancis. Eh, Perancisnya begini juga ternyata, haha.

Tapi ya apa, aku juga telat nyadar, seminggu sebelum UTS baru cek dan perhatiin lagi. Kemarin ada dua mata kuliah yang ketuker jadi B padahal aku dari awal masukin A, untung aja itu nyadarnya cepet (soalnya dosennya ngabsen tiap kelas, jadi tahu kalo namaku ga masuk), jadinya bisa langsung aku benerin. Kemungkinan sih, eror di sistem, tapi ya sudahlah. Aku belajar ikhlas saja. Pelajaran yang bisa diambil adalah besok-besok harus rajin-rajin cek dan pantau.

Kedua, aku salah atur jadwal kepanitiaan, jadinya aku ngerasa over-whelmed gitu. Terus pas mau ijin keluar katanya ga bisa lagi. Jujur aja, aku kesel pas itu. Karena posisiku adalah aku mau benerin badanku, soalnya dari awal ngospek sampai sekarang itu udah muncul tanda-tanda kalau badanku cape, tapi belum drop. Aku ngerasa lagi nungguin bom waktu meledak gitu. Tapi lagi, emang ya, salahku karena ga bikin jadwal yang bener. Kasihan juga kepala divisinya kalau aku keluar tiga minggu sebelum hari h, meskipun divisiku belum kerja apa-apa. Jadi ya, aku yang harus turunin egoku. Ya kalau sakit juga, ya udahlah, semoga aja paling parah demam, ga yang lain-lain.

Ketiga, beasiswa yang aku apply (dan berharap banget bisa dapatin) ternyata gagal. Jadi semester ini aku apply tiga beasiswa sebenarnya, dua yang bentuknya emang financial help gitu, satunya lebih ke pelatihan selama dua tahun (jadi ga bentuk fresh money untuk ukt kuliah, tapi skills, plus biaya transpor dan akomodasi dibiayain juga). Dua beasiswa yang bisa bantu biayain kuliahku ternyata ga lolos. Aku sedih, tapi ya, introspeksi aja deh. Soalnya aku juga ga ada pretasi apapun selama kuliah ini, soalnya sibuk sama kuliah dan organisasi.

Ketiga itu yang paling membekas sih. Ada lagi yang lain, tapi ya, gitu deh. I don’t feel great sharing that one with you guys here, biar jadi asupannya oreo aja, HAHA.

Puji Tuhannya adalah emang ga ada satu pun yang kita kerjain yang sia-sia. Rasanya minggu-minggu ini aku banyak ga beruntungnya, tapi Dia sebenarnya lagi siapin aku buat sesuatu yang lain, yang menurut Dia emang bagianku.

Surprisingly (or not), aku bisa cepet ngelepasin kecewanya aku karena KRS. Beberapa hari setelahnya (dan setelah sambat sana sini), aku biasa aja. Minggu kemarin aku ga ikut kelas Perancis jadinya ya udah, santai aja. Yang susah lepas malah temen-temenku, sampe ada yang bilang dia yang mau nangis karena soal KRS-ku, plus karena reaksiku yang keliatan selow. (frustrating ya? Tapi mau gimana, ga ada yang bisa aku lakuin buat ubah itu)

Kejutan kedua datang baru banget, Jumat kemarin.

Jadi aku lagi ngobrol sama temen-temenku kelar makan siang. Terus pas nyantai itu, aku iseng buka email, sapa tau ada sesuatu. BENERAN ADA SESUATU DONG. Di bagian paling atas inbox ada email dari XL Future Leaders, beasiswa yang satunya dari tiga yang aku apply. Aku sebenarnya lebih ke heran sih, untuk apa ada email lagi. Apakah semua yang sudah ikut bakal dapat email kayak ucapan makasih gitu? Jadi aku buka.

Aku, seperti pas pengumuman sbm yang sudah-sudah, JADI LUPA CARA MENCERNA BACAAN. Aku sampai tunjukkin temenku dan suruh dia baca, suruh dia terjemahkan ke aku. AKU LULUS DONG! Aku jadi satu dari seratus lima puluh orang pilihan XL buat jadi bagian dari program XLFL Batch 8 mereka! Gila banget ga sih? Buat aku gila abis.

Sebenarnya ya, salah satu yang bikin aku ga gimana banget karena Agustus balik Surabaya kecepetan adalah karena tahapan setelah tes online dari seleksi beasiswa ini. Oke, aku gimana sih, soalnya susah banget lepas dari nyamannya rumah… Tapi intinya aku ya, gitu, ga down banget. Tapi lagi, aku juga ga punya ekspektasi banyak ke yang XL ini, soalnya yang daftar tujuh belas ribu lebih, yang dipilih cuma seratus lima puluh, ya kali aku kebayang jadi satu dari seratus lima puluh itu… Ditambah lagi pas seleksi offline kemarin rasanya aku ga maksimal (pas seleksi sebelum interview aja aku sempat kepikir buat ga ikut aja karena malas, hahaha).

Intinya adalah aku ngerasa diproses banget akhir-akhir ini. Ada banyak banget hal yang aku alami dan semuanya ngajarin aku banyak. Yang paling kentara mungkin untuk melepaskan hal-hal yang memang jelas bukan bagianku, to not dwell over shits yang unimportant and suppose to be insignificant. Dari dulu aku suka susah lepasin sesuatu soalnya, makanya aku suka ngumpulin sampah. Jadi ya, jelas ini life lesson banget.

Semuanya yang lagi happening dalam hidup kalian, aku harap ada banyak buah yang bisa dipetik dari situ. Seringkali hal terpenting dan paling ampuh dan paling bener dilakuin adalah dengan give in, “yaudah sih”. Things happened, a lot of times they are beyond our control, “yaudah sih”. Kita buat rencana tapi ternyata semuanya melenceng dari harapan, “yaudah sih”.

Yaudah sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s