anak kost kit

Hola! Kali ini aku mau berbagi kehidupan sebagai mahasiswa yang ngerantau alias jauh dari rumah, khususnya survival kit and tips.

Ya, aku juga sebenarnya belum lama sih, ngerantau. Tiap libur panjang juga pasti balik (aku secupu itu pengen pulang, secinta itu sama rumah). Tapi tetep aja, tiap semester berjalan, aku lagi ga di rumah, jadinya counts, ehe. Langsung aja deh ya!

  1. Handphone or anykind of gadget is a must!

Alat komunikasi sekaligus buat hiburan ini musti ada. Kalau engga, kamu bakal susah banget, seriusan. Ngehubungin siapa-siapa susah, mau kemana-mana juga susah, kalo gabut apalagi, susah banget. Pastiin pulsa sama kuota selalu mencukupi, ya! Apalagi kalau kost-mu ga ada wifinya (kayak asrama aku nih), kalo kuota ga ada tuh ya, udah gabut, makin berasa lagi gabutnya.

1.5 Aplikasi lifestyle (Grab, Gojek)

Lokasi kampusku tuh ya, agak pinggir gitu lho, jadi agak jauh kalo mau kemana-mana. Jadi adanya aplikasi ojek online ini ngebantu banget buat mobilitas aku. Selain buat transportasi, juga buat pesan-pesan makanan gitu. Sebenarnya aku dulu ga hobi grabfood-an. Gatau, menurutku itu ga penting aja, terus seringkali malah bikin kantong kering. Tapi ternyata tiga minggu ini aku menyadari betapa krusialnya layanan itu, karena sangat berperikemageran, hahaha.

  1. Dompet dan isinya (KTP, KTM, ATM = the holy trinity of wallet!)

Aku kalo kemana-mana pasti bawa ranselku selama di Surabaya. Soalnya dompetku agak gede gitu lho, biar semuanya bisa ada dalam satu dompet aja. Kalo emang keluarnya cuma sebentar dan aku ga ngerasa masalah untuk tenteng-tenteng barang, aku selalu bawa dompet sama handphone. Oh iya, di dompet juga usahain selalu ada cash ya! Kalau tips dari aku, lipet satu lembar pecahan lima puluh atau seratus, selipin ke kompartemen dompet yang paling dalam. Jadi in case of emergency, kamu ga miskin blas.

  1. Tumbler dan alat makan (seengganya sendok)

Aku udah kebiasaan sejak dulu kalau kemana-mana pasti bawa air minum, jadinya kebawa terus sampe sekarang. Apalagi di Surabaya panas banget dan aku banyak jalan kalo ke kampus, jadinya air itu perlu banget. Selain itu, dengan bawa air sendiri, kamu jadi ga perlu beli di kantin, penghematan kan? Kalau ga punya tumbler, aku saranin untuk beli air mineral botolan tapi jangan di indo atau alfa, mending ke supermarket atau swalayan, lebih murah. Alat makan sendiri penting kalo kamu tipe yang seneng bawa pulang makanan (kayak aku). Aku juga tipe yang lebih nyaman sendokan sih, daripada pake tangan. Enak aja, ga perlu cuci tangan, terus bisa sambil yang lain (kalo tangan kotor kan ga bisa pegang hape, hehe).

  1. Pakaian yang sesuai (sama cuaca, yang netral warnanya, etc.)

Aku ga tahu Surabaya sepanas ini, jadi waktu pertama ke sini aku bawa jaket yang bahannya agak tebel sama sweater, which turns out to be a total fail. Jadinya pas pulang, aku bawa balik deh jaketnya. Aku juga jadi lebih picky sama baju, maunya yang lengan pendek dan bahannya tipis aja. Aku juga lebih sering pakai yang warnanya gelap, terutama bawahan (aku cuma punya celana hitam dan rok hitam, biar ga cepet kotor, hahaha).

  1. Sedia cemilan di kamar (roti, mie instan, coklat, biskuit, apapun)

Jam makanku tuh ya, suka random. Kadang makan siang pas siang, kadang makan siang jadi makan malam, makan sehari dua kali, makan sehari sekali. Jadi ada baiknya untuk sedia cemilan atau makanan instan (kayak mie cup gitu), untuk jadi ganjalan. Apalagi kalau kalian sama malasnya kayak aku. Tapi nih ya, kalau udah malam dan aku lapar, aku biasain(?) untuk paksa tidur aja, ehe.

Tips lainnya adalah untuk tetapin waktu buat belanja keperluan bulanan, atau mingguan. Kalau kamu bikin jadwal, keuangan kamu bakal lebih terkontrol. Aku juga biasain untuk keep record of my daily expenses, berapa yang keluar buat beli apa selalu aku catat. Semester satu kemarin aku malah sampai simpan semua struknya buat aku bawa pulang dan tunjukin ke mami, hahaha.

Terus juga jangan banyak nunda. Jangan tunggu cucian numpuk, sampai pakaian dalam juga ga ada lagi, baru nyuci. Jangan sampai uang di dompet habis banget, baru tarik uang dari ATM. Jangan sampai saldo di aplikasi ojol sisa berapa ribu doang buat isi ulang. Jangan sampai sampo sisa satu sachet banget baru beli, sabun, deterjen, pewangi, yang lainnya. Intinya kalau bisa lakukan sekarang, kenapa harus nanti!

Pastiin juga powerbank selalu dalam keadaan penuh kalau kamu banyak keluar-keluar. Meskipun lagi keluar sama temen, belum tentu ada yang bawa powerbank atau punya kabel lebih. Urus diri sendiri dengan baik! (ngurus diri sendiri aja ga becus, gimana mau punya pacar)

Saran terakhir adalah kalau kangen, ya telepon, kirim pesan. Ini saran yang aku sering tidak lakukan, hahaha. Aku kebiasa sok kuat, jadi gitu, kalau telepon rasanya bakal nangis karena pengen pulang. Semester satu kemarin aja aku cuma sekali telepon orang rumah… Gila banget emang. But i’m working on it though, so yeah. Jangan takut telepon orang rumah! Kamu takut bikin mereka khawatir jadinya kamu pikir mending ga usah, tapi dengan kamu ga telepon dan ga kasih kabar aja mereka udah khawatir. I bet they miss you as much as you miss them!

Demikian postingan kali ini. Seperti biasa, agak kemana-mana. Tapi aku harap kalian enjoy ini segimana aku enjoy nulis ini, ehe.

Sampai ketemu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s