Cerita Hana Gabung Himpunan

Seperti yang pernah aku ceritain sebelumnya, sejak Februari kemarin, aku gabung dalam organisasi mahasiswa yang namanya HIMATERNAL, atau Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional. Kemarin aku daftar untuk departemen Internal dan Eksternal (awalnya pengen Eksternal doang, tapi karena harus pilih dua, satunya aku ambil Internal aja karena waktu itu kupikir bakal sama job desc-nya, cuma beda lingkungan). Puji Tuhan, keterimanya di departemen Eksternal, hehe.

Departemenku sendiri isinya lima orang termasuk kepala departemennya, dan kita cukup imbang antara laki-laki sama perempuan, fungsionarisnya masing-masing dua, kadepnya perempuan. Untuk tugasnya departemen Eksternal secara umum sendiri adalah nanganin urusan dengan lingkungan luar.

Nah, jurusan HI sendiri punya organisasi untuk mahasiswa seluruh Indonesia, namanya FKMHII atau Forum Komunikasi Mahasiswa HI Indonesia. Kampusku masuk ke koordinator wilayah 6, isinya mainly Jawa Timur (karena JaTim lebar sekali) dan sekitarnya, misalnya Bali.

Bagianmu apa, Na?

Fungsionaris Departemen Eksternal! Kapan-kapan aku foto pake PDH yang ada namaku-nya ya, ehe. Warna PDH-nya biru tua gitu, ada lambang universitas, lambang organisasi, sama bendera Indonesia. Kata temen-temen, PDH-nya ganteng… Kalo aku yang pake, gantengnya luntur, jadi unyu, AHAHAHA.

Ngapain aja di-Himpunan?

Sebagai anggota Himpunan, aku jelas punya tanggung jawab untuk ikutin kegiatan-kegiatan yang emang mengharuskan kehadiran dan partisipasiku, misalnya rapat bulanan, kepanitiaan untuk acara-acara yang dipegang Himpunan (misalnya ospek dan dies natalis jurusan), sama kewajiban-kewajiban kayak jaga sekretariat sesuai jadwal dan ikutin peraturan-peraturan semacam pakai PDH (pakaian dinas harian, seragam himpunan) dihari yang ditentukan.

Untuk kegiatan himpunan yang udah aku ikuti sejauh ini itu ada rapat evaluasi tiap bulan dan kepanitiaan buat anniversary-nya jurusan yang ke-sepuluh. Buat anniversary-nya, aku kepilih jadi Kepala Divisi Kesehatan (aye), hehe. Sekarang sambil jalanin yang itu, himpunan juga pelan-pelan mulai ngurusin ospek untuk angkatan 2019 nanti.

Karena aku bagian dari departemen Eksternal, aku juga musti partisipasi dalam program-program kerja departemen. Kegiatan pertamaku didepartemen adalah ikut Rakorwil, atau Rapat Koordinator Wilayah, awal Maret kemarin.

Oh, dalam masing-masing departemen, tiap fungsionaris bakal ambil bagian jadi penanggung jawab untuk program kerja tiap departemen. Aku sendiri jadi penanggung jawab program Studi Banding bareng satu temenku didepartemen (kalau kalian ikutin wattpad-ku, kalian pasti tahu kalau aku sedikit tertekan karena ini jadi bahan pikiran banget sama aku, huhu)

Kenapa kemudian mutusin untuk gabung organisasi mahasiswa?

Em, kalau jujur sekali sih, aku gabut. Walaupun ada tugas bikin jurnal tiap minggu dan aku suka ngerasa keteteran, aku tetap punya baaaaaanyak banget waktu kosong. Jadi aku pikir daripada aku engga ngapa-ngapain, mungkin ada baiknya aku gabung organisasi.

Eh, tapi ternyata aku lupa kalau aku ini anaknya mudah kepikiran sesuatu dan bakal terganggu sama itu. Kayak gimana kemarin aku bingung banget milih partner untuk Studi Banding dan akhirnya jadi ribet sendiri, terus nangis malem-malem, HAHAHA :”)

Nyesel nih, ceritanya?

Engga…? Aku ga bisa bilang aku nyesel sih, karena nyatanya walaupun lelah dan agak banyak lelah (hahaha), aku baik-baik saja. Aku malah ngerasa aku banyak berubah, tentu aja perubahan yang lebih baik. Aku merasa didorong keluar dari zona nyamanku sejak gabung himpunan. Pokoknya aku pelan-pelan jadi versi yang lebih baik dari diriku dan aku lebih dari oke soal itu.

Jadi aku engga nyesel.

Dapat aja sih, emangnya sejak gabung organisasi?

Yang paling utama jelas, pengalaman baru dan teman baru (kakak tingkat).

Pengalaman baru ya, kayak yang udah aku cerita di atas. Gabung kepanitiaan, sibuk ini itu, gitu-gitu deh. Kalo soal temen baru yang kakak tingkat… Seperti yang kalian tahu, aku ini anaknya cuek dan tipikal yang ‘kalo ga penting ya ga bakal peduli’. Dan soal temenan salah satunya. Kan aku banyak butuhnya jelas sama temen setingkat, jadi sama angkatan atas ya jelas ga minat. Tapi! Karena aku gabung himpunan yang isinya ga cuma angkatanku, aku ya, mau ga mau belajar untuk berteman.

Aku juga belajar banyak soal gimana untuk bisa bekerja sama dengan orang lain, lebih-lebih soal komunikasi. Aku berusaha banget untuk engga kerjain semuanya sendirian. Misalnya yang studi banding, aku selalu koordinasi sama temenku, kalo gini gimana menurut dia, kalo gitu gimana. Terus juga engga nahan-nahan diri buat minta tolong kalau memang aku ga bisa. Menurutku, itu penting banget buat dipahami (kalau kita ga bakal bisa sendirian), a good life lesson!

Aku juga belajar banyak untuk atur waktuku. Oke, aku akui sejak gabung organisasi dan ngurusin acara anniv jurusan kayak sekarang, aku jadi punya sedikit waktu untuk diriku sendiri. Padahal aku punya traits introvert dalam diriku, yang mana artinya waktu charging-ku itu pas asyik sendirian. Jadi ya, gitu. Aku musti bisa atur waktuku untuk ga lupa charge diriku sendiri.

Saran buat yang lagi krisis apakah gabung organisasi apa engga? (sekalian buat yang lagi galau ikut satu periode lagi apa tidak)

Em, ikutin kata hatimu dan sesuaikan sama keadaan plus kemampuan kamu. Kalau misal kamu emang ngerasa ga punya waktu, ya ga usah dipaksain… Jangan sampai kegiatan organisasi ganggu kuliah kamu. Kamu musti inget kalau organisasi itu tambahan, bukan utamanya, jangan sampai kebalik.

Soal ikut satu periode lagi atau engga, sama aja sih pertimbangannya…

Oh, jangan jadiin keadaan orang lain yang nentuin keikutsertaan kamu sama sesuatu, apapun itu (i did this a lot though, huhu). Jangan cuma gabung karena ikut temenmu, jangan gabung cuma karena kasihan temenmu sendirian, jangan, jangan, jangan! Do things because you want to and you enjoy it.

—–

Aku pikir itu aja sih ya… Kalau misalnya ada yang mau ditanyain, bisa ke kolom komentar langsung, hehe.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya!

2 thoughts on “Cerita Hana Gabung Himpunan

    1. heyy, thanks for making my day!
      Thank you for stopping by, bahkan leave comment, hehe. Will do continue writing hopefully soon.
      Sama-sama , glad you enjoy reading the article!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s