kali ini fresh fr the oven

postingan beberapa bulan terakhir pada jadwalan, engga fresh. aku kangen menulis lalu rilis. aku juga maunya kalian baca yang up-to-date, jadi kita nyambung. tapi gimana, aku selalu engga sempat. karena aku masih banyak kosongnya, aku jadi sering spontaneous little trip sama temen-temenku (yes, i am having a blast in surabaya). atau engga ke perpustakaan, jadi no wifi connection.

so many things happened these past months. i make some friends and they are just… great! i feel like there are a lot to learn from them. masing-masing juga punya distinct character, jadi ya, hiburan aja buat aku. jurnalku, puji Tuhan, satu semester ini full bahasa inggris dan bintang empat. semoga semester depan juga ya.

karena aku udah pernah kuliah sebelumnya, dengan kuliah kali ini aku kayak bisa bandingin banyak hal. yang paling mencolok pasti sistem belajar, karena kedokteran sistem blok sedangkan HI pake sistem tujuh minggu belajar lalu ujian lalu tujuh minggu belajar lalu ujian akhir, sistem kuliah umumnya. aku pikir aku juga mau ga mau lebih banyak di-push disini, karena i have no basic whatsoever soal politik ketika HI itu sendiri akarnya ya, politik. kalau kedokteran kemarin aku belajar dari buku, ngehafal, kali ini aku jadiin buku benaran cuma buat penunjang, lebih banyak diskusi dan brainstormingnya. aku pikir juga secara skill mingling, ada peningkatan pesat, karena kali ini aku sendirian dan harus, musti, kudu, mau ga mau, memperbaiki skill bertemanku yang kemarin agak payah. karena aku sendirian juga, aku musti belajar percaya sama orang lain dan punya inisiatif, i have to try my hardest not to think beyond the ‘fence’, simply karena itu udah diluar pagar dan diluar bagianku, ya wes. tapi ya, kedokteran kemarin tugas lebih sedikit sih, hehe. semester ini aku banyak nugasnya, makalah, makalah, makalah, resume, jurnal tiap minggu, resume. udah gitu kan aku engga nge-laundry sama sekali, jadi mesti pinter atur waktu supaya pakaian available terus. belajar banyak banget buat tahan-tahan diri, karena sumber dari Tuhan itu banyak dan tak terduga. tiba-tiba aja, ternyata dapat nasi kotak. lumayan kan, hemat. atau misalnya awalnya musti keluar duit buat ojol, eh, ada temen yang mau nganterin. serius, Dia tuh ya, magical!

i’m starting to enjoy traveling alone with plane, haha. padahal engga punya teman ngobrol, angkat barang sendiri, musti berangkat cepet biar ga telat… tapi ya, seneng! kemarin waktu aku pulang dari surabaya, aku lihat pelangi setelah sekian lama! so i captured it with my phone, sekalian kata niyak, “pasti nanti banyak yang foto tiketnya, aku tuh suka iri liatnya. lebih seneng foto awan-awannya”. jadi aku kirim deh, fotonya ke chat room kita, haha.

ada di surabaya bikin aku jerawatan:( masih tetap cuma satu dua tiga, tapi jadi sering gitu, ditambah kalo deket-deket mau datang bulan… aku nyariin acne gel yang biasa aku pake malah ga nemu disini, jadi akhirnya aku cuma ya, rutin cuci muka tiap mandi malam (iya, di surabaya aku mandi biasa jam sembilan sampai sepuluhan), habis itu yaudah, berusaha ga gratilan aja, hehe.

menutup postingan kali ini, aku mau bilang kalau adalah pilihan untuk kasih tahu ke orang lain kalau kamu kesulitan — menunjukkan kelemahan kamu. tapi kalau kamu ga pernah cerita soal kesulitan itu, ga ada yang bakal bisa masuk dan bantu kamu get through the problem. so let them know that you’re having a hard time, tanya apakah mereka bisa bantu kamu, dan usaha juga untuk bisa at least treat them the way they treat you. kalau dia udah bantuin kamu nugas, kamu mungkin bisa temani dia nunggu dijemput kelar kelas — hal-hal sederhana yang bisa bikin seseorang merasa dihargai dan dikasihi.

kalian liburan kemana nih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s