Kuliah keluar kota atau tetap bareng orang tua aja?

Aku baru sekitar delapan tahun tinggal di Jambi, mulai dari 2010 awal. Dan dari awal disini sampai lulus, sekolahku sama terus – dari kelas 5 SD semester dua sampai kelas 12 SMA.  Cuma segitu doang pun, aku sebenarnya pas kelas 3 SMP pengen pindah sekolah – karena bosan, tapi berakhir ga jadi karena belum ikhlas, haha. Makanya akhirnya ya, sampe lulus disana.

Karena segitu bosan, aku sempat pengen banget kuliah di luar kota. Makanya kemarin itu yang pertama kali ternyata dapat di Jambi… ‘yang penting bisa kuliah’. Tapi kemudian teman-teman mainku pada anak rantau, aku jadi berubah pikiran. Sekolah memang paling enak sama orang tua lah.

Walaupun aku mengerti dan merasakan betapa bosannya harus terus di kota yang sama saat curiosity kita lagi gila-gilaan berkembang, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan aku sampai bisa stated ‘kuliah ga keluar kota lebih enak.

Pertama, simply karena bisa tetap dekat orang tuamu. Let’s be real, kemana pun kamu pergi, di masa muda ini, home adalah keluarga, orang tuamu. Bisa terus dekat sama mereka bawa perasaan hangat tersendiri buatmu. Rasanya aman, dilindungi.

Kedua, karena kuliah artinya lebih banyak lagi tugas, bakal butuh kertas, printer, dan rumah provide itu semua. Kalau kamu diluar kota, sendirian, apa-apa mesti keluar duit dan ga bisa banyak nunda, takutnya tokonya tutup lah, apa lah. Jadi lebih enak di rumah. Wi-fi juga gampang, hemat kuota.

Ketiga, apa-apa tinggal “ma, pengen kfc”, kemudian malamnya kalian ke kfc – mau jajan sana sini, enak. Coba ngekos dan jauh dari orang tua? Yang gitu-gitu tinggal kenangan. Dan percayalah, pasti kangen banget masakan mama atau papamu. Aku saksikan sendiri gimana teman-teman kuliahku dulu itu heboh kalau aku sodorin bekalku, entah lapar benaran entah memang kangen masakan emaknya, intinya masakan rumah beda. Bermicin pun, tetap beda.

Nih ya, kalau kamu ngebet kuliah di luar kota karena “kampus disini jelek semua”, NO, NO, aku engga oke sama pemikiran begitu. Semua kampus itu sama aja, yang jadi pembeda adalah kamunya. Kampus itu sesungguhnya cuma fasilitas aja. Pelajarannya bagus atau engga, ya dilihat dari kamu serius apa tidak. Kalau kuliah di tempat “ternama” tapi kamunya ga serta merta rajin belajar, malah banyak bolos, sama aja bohong.

Walau begitu, ada juga beberapa yang jadi plusnya bisa kuliah di luar kota.

Pertama, pengalaman baru. Tadinya apa-apa sama orang tua, sekarang belajar lakuin semuanya sendiri. Tadinya mungkin boros, tapi karena sekarang tinggal sendiri dan uang ga seberapa, jadi upaya banget biar hemat. Pokoknya pasti ada hal baru yang kamu discover selama tinggal pisah dari orang tua. Pas ngumpul sama teman-teman SMA juga jadi ada banyak bahan cerita, “disana gini lho”.

Kedua, jadi mandiri. Karena pada akhirnya kamu tinggal sendiri dan di kota orang lain, mau ga mau kamu dipaksa berhenti jadi manja supaya bisa survive. Pengen banyak telepon orang tua juga, takutnya malah jadi pecah nangisnya, jadi cuma kontak secukupnya. Jadi lebih dewasa lah ya, istilahnya.

Ketiga, lebih bebas, soalnya kamu sendirian dan kamulah yang atur skedul hidupmu. Karena tinggal sendirian, kamu cukup masak untuk porsimu. Karena sendirian, kamu ga perlu cuci banyak piring kayak kalau di rumah. Karena ruangan kost-mu kecil, kamu ga cape nyapu ngepelnya.

Lagi-lagi balik ke kamunya sih. Kalau memang home fairy, hobinya di rumah aja, cenderung bakal lebih suka bareng ortu aja. Tapi kalau memang jiwanya adventurous banget, pasti gemes pengen keluar, mau lihat sana sini, ketemu orang-orang baru.

Dimana pun kamu kuliah, yang paling penting adalah gimana jaga diri dan bawa diri kamu ke orang lain. Selalu tunjukin the best version of you dimanapun kamu ditempatkan. Rajin belajar juga kalau memang pengen lulus tepat waktu.

Demikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s