Pertama Kali Ikut Pilkada!

Tahun ini jadi pertama kalinya aku ikut pilkada! 27 Juni 2018, pilih wali kota Jambi. Aku udah sembilan belas sih, sebenarnya, tujuh belasnya udah lama lewat. Tapi karena baru tahun ini ada pemilihan, ya tahun ini jadi yang pertama sejak aku legal. Aku pribadi karena memang tertarik sama PKn dari dulu, terus juga aku cukup menaruh interest pada beginian, aku sih, excited, haha. Dan ini pertama kalinya, makin excited.

Di kertasnya tulisannya mulai jam tujuh sampai jam satu siang. Aku udah bangun jam delapanan, tapi mami sama Cia masih tidur, jadi aku tidur lagi, lol. Akhirnya kita pergi jam sepuluhan gitu.

Kukira agak jauh, ternyata engga juga. Bahkan warung yang aku suka jajan disitu masih lebih jauh. Jadi cepet sampenya.

Disitu sepi sih, cuma ada yang jadi panitia gitu. Disana ada deretan kursi buat nunggu giliran. Lalu ada bilik suaranya dua, didalam ada busa sama pakunya. Terus ada station buat celup jari ke tinta. Ya udah, itu doang isi venue(?)-nya.

Jadi datang kan, terus kasih surat kayak undangan(?), kayak surat keterangan kamu nomor urut berapa, lalu dimana TPS-nya, jam berapa mulainya, trivial things lah. Itu dikasih ke yang panitia. Habis itu kamu nunggu. Nanti si panitia samain data, lalu kamu dipanggil buat tanda tangan, kayak absen gitu. Setelahnya ambil surat buat dicoblosnya, lalu ke bilik suara dan coblos, di nomor atau mukanya ya, jangan dibagian putih-putih yang kosong, lol. Jangan cucuk semua pilihan juga! Habis itu masukin ke kotak suara, lalu ke station tinta dan celup kelingking.

Tadinya aku sodorin tangan kananku, tapi kata masnya yang kiri aja. Ya udah, sekarang kelingking kiriku ungu-ungu, hehe. Tapi tintanya kayak bukan ungu biasa, ada metaliknya begitu, jadi dia berkilau(?).

Oh, pas dipanggil itu namaku duluan kan, soalnya entah gimana ceritanya aku ditaruh jadi kayak kepala keluarganya, lol. Soalnya papi kan ga ikut pemilihan, karena papi bagian dari aparat negara begitu. Pas dipanggil, dikira aku udah tua apa ya, karena ga ada foto, cuma nama kita aja, aku dipanggil dengan sapaan ‘ibu’ 🙂 Jadi dipanggilnya, “ibu Johana?” :’) Aku ketawa dengarnya. Lalu pas aku berdiri, masnya berdua lihat aku, mereka ikut kayak ketawa bersalah gitu.

Satu lagi, panitianya ramah-ramah kok, tidak seram. Ngarahinnya jelas juga. Tidak perlu takut 🙂

Jadi, kenapa sih, kita mesti ikut kalau memang sudah bisa ikut? Kenapa harus pilih?

Satu yang jadi jawaban terutama adalah karena dengan ikut pemilihan itu artinya kita bepartisipasi buat majuin daerah, kota, atau pun negara kita. Ini juga biar ada sense of belonging ke negara atau daerah kita. “Oh, aku udah pilih buat kotaku nih.” Sama satu lagi, ajarin untuk bertanggung jawab!

Aku pribadi lihat ini sebagai hak sekaligus kewajiban.

Hak karena itu privilege buat kita bisa ikut ambil bagian tunjuk siapa yang pantas jadi kepala daerah atau negara kita. Ada negara-negara yang restrain rakyatnya untuk bisa ikut pilih langsung, lho. Itu makanya bisa milih ini terhitung sebagai hak kita. Kewajiban karena kita sesungguhnya memang wajib pilih, ini tugas kita sebagai warga negara.

Jadi bagian dari golongan putih itu ga keren. Itu sebutannya pengecut, terus juga ignorant, ga peduli sama kemajuan daerah/negaranya. Kita mestinya bisa jadi rakyat yang berfaedah, ga cuma duduk dan koar-koar minta ini itu, tunjuk sana sini mana yang buat kita salah atau kurang tapi kitanya ga partisipasi.

Ini tuh kayak, pilih mi rebus apa mi goreng. Mau ga mau harus pilih, kalau engga lapar. Gitu simpelnya.

Terus walaupun yang kepilih nanti bukan yang kita coblos, belajar berbesar hati. Aku sih, pahamnya begini. Siapapun yang kepilih akhirnya, itu pilihannya Tuhan. Dan kita ya, belajar menghargai itu, belajar nurut sama maunya Tuhan /kan, tiba-tiba ceramah, lol/

Demikian.

TAHUN DEPAN PEMILU! Siap-siap~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s