Musik 3 Dimensi? 8 Dimensi?

Kali ini aku bagi pengetahuan. Iya, sama-sama.

Pernah engga ketemu di Youtube waktu lagi cari-cari lagu favorit kalian ada yang tersemat 3D Audio atau 8D Audio di judulnya? Uploader juga selalu rekomendasiin untuk pakai headset buat denger lagunya supaya bisa alamin full experience dari dimensi berapapun itu.

Pertama kali aku ketemu yang begituan, dipikiranku cuma apa sih itu, ribet banget pake headset segala di komputer. Jadi pertama kali denger ya, ga pake headset. Kedengaran biasa aja.

Sekali waktu aku beneran pake headset dan… jejeng.

Oke, buat contoh biar lebih gampang paham dan kalian juga bisa langsung rasain, ambil headset kalian dan play video di bawah. Yang di bawah ini masih versi biasa, belum diotak-atik.

Selanjutnya ke yang 3D.

Beda ngga? Kalau aku disuruh deskripsiin yang 3 dimensi, rasanya kayak dinyanyiin langsung samping telinga kiri kanan. Rasanya ya kayak kalau di bioskop nonton film 3D, berasa nyata!

Itu dia 8D-nya. Yang model-model 8 dimensi aku juga baru denger beberapa hari lalu. Aku terkejut pertama baca 8D di judul-judul lagunya. Pertamanya engga pake headset, jadi pasti ya, biasa aja. Lalu aku tergelitik dan penasaran ingin tahu, jadi aku buru-buru ambil headset dan denger lagi.

Aku puter lagunya dan scroll ke bagian komentar, di kotak deskripsi ternyata ada saran si uploader buat tutup mata pas denger. Entah sugesti entah bukan, pas tutup mata jadi berasa beda. Lebih fokus, jadi aku bisa rasain pola musiknya berputar-putar.

Pertama kali denger 8D, aku pikir gerakan musiknya setengah lingkaran. Lalu makin denger, sisa lagunya jadi kedengaran setengah lingkaran tapi muter di belakang kepalaku. Aku pikir memang efeknya aja. Jadilah aku searching. Ternyata dia muter. Itu makanya aku pas tutup mata baru berasa, lebih fokus.

Bonus, yang biasa suka muncul juga adalah 3D + Bass Boosted. Itu artinya musiknya 3D sekalian bassnya digedein, jadi rasanya lebih berisik begitu, tapi berisik yang indah di telinga (selama volume ga segunung, yang ada telinga potek).

Tapi sih, kayaknya kalau telinga agak sengklek, atau kalian ga mikirin banget sekedar denger, mungkin bass yang digedeinnya ga begitu berasa. Tapi yah, begitu.

Bonus lagi, ada juga yang namanya Lo-Fi. Ini nih contohnya.

Low fidelity or lo fi (adjectival form “low-fidelity” or “lo-fi”) is a type of sound recording which contains technical flaws that make the recording sound different compared with the live sound being recorded, such as distortion, hum, background noise, or limited frequency response. [wikipedia]

Jadi Lo-Fi singkatnya musik kualitas “rendah”. Kalau kalian udah denger contoh yang aku selipin, ada ga sih, berasa gresek-gresek, kayak engga clear gitu musiknya. Kalau aku visualkan, Lo-Fi ini kayak kita nonton televisi dan waktu itu sinyalnya jelek, jadi ada semutnya, kayak pasir atau titik-titik gitu gambar di televisinya.

Pengetahuan baru ngga? SAMA-SAMA~!

See you later, loves.

Advertisements

8 thoughts on “Musik 3 Dimensi? 8 Dimensi?

  1. Tapi kok malah aneh yaa dengerin musik 8d? Maksudnya gk kayak 3D yg kayaknya lebih realistis aja gitu. Kalo 8d kan malah kayak audionya cuma dibikin muter2, balik kanan balik kiri, tapi malah jdi kayak gk realistis, malah pusing lama2. Kalo 3D kan lebih ke ketepatan sumber suaranya tuh dapet.
    Dan untuk lo fi, sebenarnya salah gk sih kalo dibilang musik dengan kualitas rendah? Bukannya malah aliran musik sendiri ya yg dia itu emang sengaja masukin suara noise dsb di lagunya dia? Kayak lagu2nya joji misalnya.

    1. kalo aku denger 8d lebih untuk sensasinya itu sih, jadi ya, aku ga bermasalah sama itu meskipun cuma muter. asik aja gatau kenapa. nah, lo fi dibilang sbg musik kualitas rendah ga sepenuhnya salah kok, krn memang kayak yang kamu tulis, sengaja dimasukin noise segala macam. tapi bukan kualitas “musik” yang musik, melainkan… gitu deh. paham kan yah:”)
      denger joji, tahu niki ngga? DENGER LAGU MEREKA YANG PLAN YAK!

      thanks for stopping by, sorry it took so long to reply:(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s