Belajar, Uncategorized

languages

aku engga tahu sih, gimana sama orang lain, tapi aku pribadi merasa kalau ada beberapa kata yang kalau diucap di bahasa asing feelnya engga sedalam dan secringy kalau diucap dan dipakai dalam bahasa native kamu, mother tounge lah anggap. aku rasa ini bisa terjadi karena kita pakai bahasa yang kita mengerti, jadi lebih paham dan lebih masuk pikiran. (ada pepatah aku lupa dari siapa, dia bilang bicaralah kepada seseorang dengan bahasa asing –atau apa ya… i don’t recall–, perkataan kita bakal masuk ke pikirannya. bicaralah sama seseorang dengan bahasa ibunya, perkataan kita bakal masuk ke hatinya)

contohnya kata Tuhan. kalau di english, penyebutannya jadi God. kata God tadi sendiri bisa diartikan jadi banyak kata lain selain Tuhan, dewa juga sebutannya god. jadi kalo bilang Tuhan pake bahasa indonesia, aku pribadi ngerasa ada koneksi batiniah gitu, berasa sakral.

contoh lainnya frase aku mencintaimu. aku suka geli kalo baca frase itu, entah kenapa. rasanya cringy aja. itu makanya aku prefer frase aku menyayangimu. kalo di bahasa inggris-kan berubah menjadi i love you. aku personally lebih ‘jijik’ dengar aku mencintaimu dibanding i love you. sekali lagi, kurasa karena penggunaan bahasa ibu bikin semua jadi mudah masuk dan dipahami.

ada juga beberapa frase atau kata yang emang kedengaran agak… gimana ya, susah jelasinnya. contoh aja deh.

dibanding aku mencintaimu, aku prefer aku menyayangimu atau aku mengasihimu. entah kenapa frase aku mencintaimu kedengaran ‘kasar’ di telingaku –bukan kasar yang ga sopan, tapi emang kasar aja. aku menyayangimu atau aku mengasihimu kedengaran soft dan sincere, genuine, tulus. aku pribadi juga punya pemahaman yang namanya cinta bisa aja pudar dan jadi lapuk, tapi sayang dan kasih tidak –itu makanya cinta butuh ‘diperbarui’. padahal di bahasa inggris semuanya disebut love.

kenapa aku kekeuh ngedokter ya? padahal aku klop sama sastra.

jo, kamu memang senang sekali menantang diri. jangan lakukan lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s