#TEAMBAPER / EXCITED / MOTIVASI(?) / SCHOOL LIFE

kind-of-useful tips for future generation and future national exam takers

press the play button!

I, as the older one, feel like having the responsibility to not let you guys, the younger one, to experience high school the same as me. And here are some tips i think kind-of-helping for you 🙂 I’m such a good senior, right? ;]

1. Kalau kamu masih kelas 1 SMA (baru masuk SMA), ini kesempatan kamu buat naik-naikin dan kumpulin nilai tinggi. Apalagi kalo kamu niatnya mau ke universitas negeri. Jadinya kamu bisa coba peruntungan pake jalur SNMPTN (kalau masih ada nantinya). Pokoknya awal SMA ini jangan banyak malu-malu, kembangin semuanya yang bisa kamu kembangin, cobain semua hal (yang positif tentunya). Nyanyi lah, nari lah, olimpiade ini itu, nulis, semua yang bisa dicoba, cobain!

2. SMA memang berat, tapi jangan lupa kalau temen-temen kamu itu exist. Jangan sampe karena terlalu sibuk belajar, kamu jadi ga punya temen (ntar udah jomblo buluk, temen ngga ada, sad banget). Lagian kalo temen banyak kan lumayan juga buat belajar kelompok, siapa tahu makin ahli. Dan temen itu kayak oasis di padang gurun! Saran aku sih, kalo kamu tipe pendiem kalem, cari gih yang kebalikan kamu banget, yang rusuh berisik lasak minta ampun. Percaya deh, itu hiburannya berlipat ganda!

3. Dari awal SMA udah biasain diri buat ngerjain soal-soal ujian nasional. Jadinya kamu bisa kuat mental dan terbiasa ngerjain soal kayak ujian nasional itu T.T Jadinya seiring waktu berjalan dan makin deket ujian nasional, kamu bisa tenang dan instead takut, kamu bawaannya excited>< Oh, dan biasa sih soal tahun ini mirip sama yang tahun sebelumnya, jadi banyak bahas-bahas soal tahun lalunya.

4. Seminggu sebelum ujian nasional. belajarlah sampe mati-matian. Pas weekend, ya main, jangan belajar terus. Nah, sehari sebelum ujiannya itu tugas kamu tinggal review dan baca scanning, terus coba-coba cari soal try out di internet. Pengalamanku sih, entah beruntunng atau apa, tapi ada lho teks yang aku baca di internet sama ternyata dipake di ujian nasional. Salah satu teks yang aku temuin di internet ternyata muncul jadi soalku di sesi listening Bahasa Inggris. Dan yah, it kinda helps, soalnya aku udah tahu dan paham teksnya bicara apa.

5. Jangan terlalu banyak belajar, it will kill you slowly. Belajar secukupnya, main secukupnya, makan cukup, tidur cukup. Don’t let the stress monster eat you! Kalo kamu keburu takut, jadinya stress karena kepikiran, malah sakit.

6. Be excited, wait hopefully 🙂 Pribadi yang punya pengharapan bagus untuk kedepannya dan bisa berpikir positif serta selalu bersyukur itu langka, be that way then. Dan waktu kamu udah jadi pribadi yang kayak gitu, jadilah konsisten. Jangan biarin satu orangpun mempengaruhi kebahagiaan kamu tadi 🙂 Yang nentuin kebahagiaan itu kamu, bukan kata orang. Jadi yah, tunjukin aja. Be a sunshine.

7. Jauh lebih baik kalau kamu prepare dari lama, jadinya kamu bisa jalan pelan-pelan dan materi dan semuanya jadi lebih lengket. Jadinya waktu temen kamu pada buru-buru dan sesak napas, kamu nya biasa aja. Burung yang bangun pagilah yang dapatin cacingnya 🙂

Mau hujan deras, mau panas terik, berawan, gerimis, sejuk, jangan lupa buat ‘cerita’ sama Tuhan dan bersyukur, tell Him that you’re grateful and love Him 🙂

See ya!

ps. prepare yourself for upcoming event!

Advertisements

One thought on “kind-of-useful tips for future generation and future national exam takers

  1. Pingback: ikut smbptn(?) | Theatre of Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s