#TEAMBAPER / CHANGE / COTTON CANDY / CURHAT / EXCITED / FANGIRLING / LIFE DIARIES / LIFE IS TOUGH / MY WAY

200th

Hello, Friday! Bagaimana hari kalian? Ah, it’s okay, you’ve worked hard. You’ve given your best. Expect good things only! Udah siap buat sekolah? Atau udah sekolah duluan? Dunia kadang memang kayak engga adil, tapi yah, kenyataannya begitu, mau gimana lagi xD

Minggu ini hari-hariku penuh. Nonton drama om Yamashita (lagi), berusaha ganti rutinitas pagi (biar ga terkejut pas minggu awal sekolah), masih sibuk berkutat dengan jari-jari di atas tuts putih hitam (masih kesulitan untuk menyelaraskan kiri dan kanan), dan kembali nyebur ke song writing, lebih pasnya song translating sih, soalnya aku lagi jatuh cinta sekali banget sangat dengan mini albumnya Taeyeon yang WHY (judulnya pas banget dengan keadaanku, kenapa sekolah begitu cepat, kenapa aku sulit tidur cepat, kenapa aku masih belum move on, kenapaaaa). -> sekalian rekomendasi nih!

Hubungannya dimana? Lagu yang aku translate itu lagu dari mini albumnya Teyon (cara baca disempurnaka untuk orang Indonesia). Engga full satu lagu sih, cuma ambil bagian yang nadanya mudah ditangkap sama telinga dan mulutku. Terjemahannya juga engga secara literally (per kata sama gitu, maksudnya), tapi lebih ke aku baca liriknya terus cari referensi terjemahan bahasa Inggris per katanya, lalu bikin storyline sendiri dengan tema sama, baru imajinasi bekerja. Aku berusaha meresapi(?) dengan berpikir seolah-olah aku ngerasain sendiri gimana hal-hal yang diceritain di lagu aslinya. Kayak misalnya yang lagu Starlight, itu lagunya bicara gimana berubahnya dunia seseorang setelah dia menemukan belahan jiwa. Di lagu itu, belahan jiwanya dikiaskan sebagai cahaya bintang, bikin dunianya jadi terang.

Jadi itulah yang kulakukan. Cuma kalo dilagu aslinya mereka itu ketemu dan udah progress, diterjemahanku lebih kayak curhat satu pihak aja. Kayak waktu kamu lagi jatuh-jatuhnya sama gebetan, rasanya bahagia banget, tapi suka malu-malu gitu. Kalo mata ketemu mata langsung sok-sok lihat ke arah lain. Yah, masa paling unyu-unyu waktu kamu ngegebet manusia lain deh!

Ada satu lagu lagi sih, yang kena jamah(?) tanganku. Lagu lamanya Generasi Cewe (Girls’ Generation), dari tahun 2013 kalo ga salah. Judulnya Jalan Romantis [literal translation]. Ceritanya sih, waktu lagi jalan bareng pacar, sore ke malam gitu, di taman, sejuk-sejuk hangat di hati *eakk* xD Yang ini kemaren sempet kepikir buat post di Instagram, tapi nadanya terlalu menyiksa di satu bagian, jadi kulepaskan keinginan itu. Cukup kalangan sendiri sajalah ya xD

Satu masalah yang paling sering muncul (di aku) kalo masalah bikin lirik (cuma ngetranslate sekalipun) adalah gimana caranya nemu kata yang berima._. Yang kedua baru gimana cara deliver pesan yang mau disampein. Kayak kalo misalnya mau bikin lagu tentang putus sama pacar, mau ngasih cerita yang gimana, galau dan berantakan setelah putus atau malah sebaliknya, putusnya kalian itu sesuatu yang kamu tunggu banget.

Kalo buat bikin lagunya (apa sih bilangnya, kayak melodinya, nadanya gitu), kurasa butuh memang talent. Lirik memang penting buat keluarin feel, tapi melodi dan cara nyanyinya juga penting. Nih ya, bisa aja habis putus, rasanya kayak bahagia gitu, tapi sebenarnya ngerasa kosong gitukan, bisa direfleksikan dari cara nyanyi sama lagunya itu. Liriknya bisa aja bicara kalau dia bahagia setelah putus, tapi kalo nyanyinya datar, itukan udah ngeliatin banget ada kontradiksi (pertentangan), ngeliatin kalo hatinya sebenarnya kacau walaupun dia ngerasa bahagia. Atau emang lagunya ituloh, entah mengapa mengeluarkan gelombang kesedihan. Bisa tuh. (well, atau mungkin emang aku yang baper dan kelewat sensitif)

Buat aku sih, lagu yang memang well-composed itu, tanpa perlu punya bahasa yang kita pakai, tanpa kita perlu susah-susah cari translate per katanya, kita bisa ngerasain apa yang mau disampein sama si pembuat lagunya, bisa langsung ngeh sama maksud lagu itu (buat referensi kamu, coba denger lagu Beast yang diproduce Junhyung atau bahkan lagu solonya, lagu-lagu buatan dia tuh ngena banget, bahkan tanpa kamu mesti ngerti liriknya).

Apakah kalian bisa mengikuti alurnya? … I’m a bit passionate kalo bersentuhan sama topik song writing and composing, tolong maklum ya xD Ga tahu ya, buat aku kegiatan itu tuh bener-bener membantu banget dalam me…apa ya, kayak pengaruhnya lumayan gede gitu buat perkembangan diri(?) aku. Sama kayak nulis cerita, bikinnya tuh butuh brain storming super ekstrim biar hasilnya memuaskan, dan kurasa manusia sejenis aku butuh banyak sekali melakukan brain storming biar imajinasinya hidup terus. Percayalah, punya kegiatan yang bikin kamu berapi-api itu sesuatu yang menandakan kalau kamu manusia.

Maafkan daku bila kali ini agak memusingkan dan membosankan u,u Daku maklum sangat banget, tak pe._. Manusia kan senengnya macem-macem, ga semua sama.

Be a little bit passionate, that’s what makes you feel alive.

Dan…aku terus-terusan sulit tidur malam dengan jam yang wajar. Tidur jam satu atau dua pagi untuk bangun jam lima jam enam. Kasihan super sama badanku, tapi mau gimana lagi… Aku juga tak mengerti kenapa.

Oh well, my lower right stomach has been hurting like crazy nowadays, perih gitu. Di pikiranku sih, itu antara badanku protes karena makanku engga teratur dan kelewat keseringan gitu, atau memang ada yang salah._. Entahlah, kita lihat gimana besok-besok lagi.

Udah siap buat sekolah? 😉

See you, love you! ❤

img003

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s