gigi bungsu, tumbuh gigi

Gigi Bungsu

Ada yang punya gigi bungsu di sini? Hah, ga tahu gigi bungsu itu apa? Aku coba jelasin sebisanya aku ya. Jadi, gigi bungsu itu adalah gigi geraham yang tumbuh di ujung banget rahang kamu. Menurut cerita, gigi itu dulunya dipakai untuk bantu manusia ngunyah makanannya lebih baik dan efektif. Tapi seiring waktu berjalan, cinta mereka menguap *loh, salah fokus*. Engga, engga. Karena makin lama bentuk rahang manusia mengecil, akhirnya si gigi bungsu ga ada space buat tumbuh. Jadi generally gigi bungsu ini sebenarnya bukan sesuatu yang semua orang bakal alamin.

Guru Biologiku sendiri pernah cerita tentang pengalaman dia dengan gigi bungsu ini. Kata guruku, gigi ini biasa tumbuh waktu umur tujuh belas sampai dua puluhan. Kalo misalnya lebih dari itu, katanya sakitnya luar biasa banget, sampai demam!

Selang seminggu atau dua minggu dari cerita guru itu, aku ngerasain ada yang aneh di rahang bawah kiri. Didaerah gusinya itu tiba-tiba muncul kantong kecil, yang kalo ditekan bisa geser-geser. Aku panik, aku kira aku kena penyakit gondok. Setelah aku bepikir dan searching lagi, aku menemukan satu kesimpulan. Gigi bungsuku mau tumbuh! Jujur nih ya, aku kaget. Aku kira aku engga bakal numbuh gigi bungsu. Terus aku langsung kasih tahu ke mamiku. Mami bilang sepertinya benar gigiku mau tumbuh. Agak takut sih, soalnya kata guruku bakal demam. Kan seram…

Lama-lama kantongnya hilang, tapi pipiku kalo di tekan bakal ada nyeri sedikit. Pas ke dokter gigi, kata dokternya mau numbuh, giginya udah naik ke atas, gusinya juga udah menipis. Dikasih obat pereda nyeri aja sih, sama vitamin. (Aku yang emang dasarnya ga suka minum obat akhirnya cuma minum sekali dua kali. Obatnya masih tersimpan rapi di meja kamarku, hahaha)

Tujuan aku menulis ini adalah aku pengen bagiin ke kalian, para remaja, yang belum tahu dan belum punya gigi bungsu. I’ve searched the whole internet dan ga nemuin satu artikel yang bisa kasih tahu apa yang akan terjadi waktu gigi bungsu muncul. Jadi, anggaplah aku ini senior karena gigi bungsuku lagi tumbuh dan udah ngerasain gimana rasanya.

Untuk fase awal sendiri, ga ada rasa gimana-gimana. Kalau kamu peka banget sama perubahan tubuh kamu, kamu mungkin bisa rasain kalau gusimu membesar. Lama-kelamaan, seiring giginya naik ke atas dari rahang, gusimu tadi itu bakal menipis. Jadi kalo sikat gigi ada sensasi gimana gitu. Ada satu saat pipimu jadi sensitif gitu, jadi kalo ditekan agak sedikit ga nyaman. Sedikit aja kok, ga mengganggu banget.
Nah, masalahnya, aku masih baru sampe disitu._. Masih tahap dimana giginya masih terselimuti lapisan gusi tipis, belum mau keluar giginya, masih malu. Padahal udah hampir sebulanan sejak kantong aneh muncul.

Kesimpulan aku sih, munculnya gigi bungsu ini termasuk sejenis test untuk menguji kesabaran. Makanya dia muncul di aku, karena aku manusia super ga sabaran.

Semua memang ada hikmahnya~

Leave a Reply

