BOYSANDGIRLS / HOWTO / TEEN

DIY [Ep. 1] GELANG TALI KUR

Aloha~

Sori baru ngepost sekarang. Akhir-akhir ini lagi nge-blank ._. So, yeah :))

Dan karena itu, kali ini aku mau ngebagiin cara bikin gelang tali! Ini bisa jadi kegiatan kalian buat ngisi liburan. Gelang ini bisa kalian jadiin hadiah buat SIAPAPUN ITU atau pun buat kalian sendiri 🙂

APA YANG KALIAN BUTUHIN

1

Buat bikin gelang ini tuh MUDAH banget! Kalian cuma butuh:

1. Tali (Aku beli di Trona, harga 10.000. Kalo pengen pake wol juga gamasalah, tapi mesti didouble)

2. Gunting

3. Lilin (sekalian sumber apinya)

4. Optional: Plastik buat kemasan (Beli di Trona juga, 7.000/45 pcs) sama Pinset atau Jangka (Buat masukin tali nanti)

LET’S GET STARTED!

DSC02037

Sebelumnya, gunting tali (dua warna BERBEDA) sepanjang, kira-kira semeteran.

DSC02051

Sebenarnya ada dua cara buat ngawalin pola, tapi aku pilih yang paling mudah 🙂

1. Bikin simpul biasa, tapi longgar.

DSC02050

2. Masukin tali dengan warna berbeda

DSC02052

3. Ikat kayak biasa, tapi inget, JANGAN TERLALU KETAT. Soalnya nanti itu dipake buat ngatur ukuran dan make gelangnya.

DSC02053

4. Tegakkin talinya, atur posisi jadi kayak gini

DSC02054

5. Ambil tali yang paling kanan, tarik kedepan.

DSC02055

6. Ambil juga tali paling kiri, lewat belakang, masuk ke lubang tali paling kanan. Tali paling kanan yang tadi kedepan, masukin ke lubang tali paling kiri.

DSC02056

7. Tarik agak kuat (biar kenceng). Sekarang sih, belum keliatan simpulan gelangnya, tapi lama-lama muncul kok.

DSC02057

8. Lakuin hal sama (nyimpul kayak nomor 5, 6, 7)

DSC02059

DSC02060

DSC02044

9. Lanjutin simpulan dengan pola sama. Kuncinya, misal kamu pengen biru yang keliatan simpulan ‘keren’nya, selalu biru didepan dan masuk ke lubang tali hitam. Kalo mau hitam yang keliatan menonjol, masukin hitam ke lubang biru. Seterusnya gitu.

DSC02038

Tips: Biar ga ngabisin tali, yang buat nyimpul, selalu LEBIH PANJANG dari buat nahan.

DSC02065

(tali buat nyimpul itu yang memanjang kesamping, buat nahan memanjang kebawah)

10. Lanjutin simpulannya sampe seukuran pergelangan tanga. Sesekali cek, biar ga cape ngukur-ngukur.

DSC02049

11. Kalo udah ngepas, gunting tali panjangnya, sisain sedikit buat dibakar.

DSC02066

DSC02067

12. Tali pendek tadi, masukin kelubang kecil yang ada diawal simpulan kamu.

DSC02068

DSC02069

DSC02070

13. Tarik dan simpul diujung kedua tali biar ga lepas nantinya. Gunting sisanya.

DSC02072

14. Bakar ujung-ujung tali yang udah digunting. Buat yang tali simpulan yang kamu potong tadi, kan masih bersisa sedikit kan, bakar pelan-pelan dan hati-hati, terus usahain dia masuk kedalam (Ketutupan, biar ga keliatan)

DSC02074

15. JADI DEH!

DSC02075

Hehe, kayanya ribet banget yah, tapi sebenarnya kalo udah dipraktekin, engga ribet kok. Yang dibutuhin disini tuh kesabaran, sama konsentrasi. Fyi, kalo misalnya simpulan kalian salah, pasti bakal keliatan, dia ga ngelengkung bagus nanti, tapi agak mencong. Ga keliatan banget sih kalo udah dipake, tapi tetep aja jelek Sarcastic smile

Oke, buat yang mau ngejadiin gelang ini hadiah, kalian bisa masukin ke kotak terus dikadoin kayak biasa, atau masukin plastik kecil yang ada penutup(?) langsung.

DSC02079

Plastiknya aku beli di Trona, dia langsung satu plastik gedean, ukuran 80X120mm, isinya 45. (lantai paling atas, tempat yang ada bunga-bungaa~)

DSC02080

DSC02078

Kalo mau pake header(?), ini aku kasiin pictnya, ini ukuran lebarnya 80 mm. Tapi kali kalian ngeprint lewat Ms. Word, tinggal sesuaiin dengan ukuran plastik kalian.

Untitlexcxzd-1-tile

Nanti tinggal dilipat dua, stekerin ke plastik/selotipin.

DSC02082

DSC02083

Thanks for stopping by, see you in the next post Nerd smile

Auf wiedersehen!! Winking smileWinking smileWinking smile

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s